Sabtu, 14 Januari 2012

8 fakta yang membuktikan kalau bermain games memiliki sisi positif

Selama ini banyak artikel serta penelitian yang mengatakan bahwa bermain game itu bukan merupakan suatu hal yang positif, baik dari segi kesehatan maupun dari segi psikologis dari gamer itu sendiri. Namun ternyata, juga ada beberapa penelitian yang berhasilkan menyimpulkan efek-efek positif yang dapat diperoleh oleh gamers dengan cara memainkan video games. Berikut kami mencoba memaparkan 8 fakta yang membuktikan bahwa video games itu dapat membantu kita dalam menjalani hidup

1.Games dapat membantu menurunkan berat badan berlebihan
Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para maniak video games (dan juga orang-orang lain) adalah masalah obesitas. Hal itu sangat wajar, bagi gamers yang sehari-hari hanya memainkan games sambil menikmati camilan. Namun sekarang sudah ada banyak alternatif menyenangkan bagi gamers yang ingin menurunkan berat badan mereka. Salah satunya yang paling terkenal mungkin adalah Wii Fit, dimana beberapa Penelitian bahkan walaupun tidak dapat sepenuhnya menghilangkan obesitas, namun beberapa peneliti mengakui bahwa "exercise" yang ditawarkan dalam Wii Fit tersebut dapat membantu menguragi masalah tersebut. Tentu saja dengan adanya Kinect serta PlayStation Move, makin banyak pilihan bagi gamers untuk memainkan video games sambil menggerakan badan.

2.games dapat memperkuat daya ingat
dengan anda bermain game sandbox/ open world (GTA series, red dead redemption, bully, dll) anda pasti akan sering di tugaskan untuk mencapai ke beberapa lokasi dan menemui beberapa orang di dalam game untuk mendapatkan/ menyelesaikan objective dari sebuah misi. dengan demikian anda akan sering melakukan hal tersebut dan tanpa anda sadari anda mulai mengingat jalur" jalanan kota dan orang-orang yang anda temui di dalam game bukan?? otak akan bekerja dengan santai tanpa harus berusaha mengingat dengan usaha yang keras.

3.Games dapat membantu gamer untuk mengambil keputusan lebih cepat
Dalam video games, kita mungkin terbiasa melihat berbagai object dalam layar LCD kita. Seringkali, ketika kita memainkan game-game bertema RPG maupun FPS, kita akan dipaksa untuk mengambil keputusan yang tepat dengan cepat, dimana keputusan-keputusan yang kita pilih tersebut akan memiliki efek yang cukup besar dalam gameplay. Kebiasaan itu ternyata juga dapat membantu gamer di dunia nyata. Penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester membuktikan bahwa gamers yang memainkan game Call of Duty dan Unreal Tournament selama 50 jam dapat menjawab pertanyaan 25% lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak memainkan game tersebut, tentu saja dengan tingkat akurasi yang tidak berbeda.

4.Games dapat membantu kita belajar bahasa asing
seperti yang anda ketahui hampir di semua game memiliki storyline/ lajur cerita masing-masing. namun masalahnya tidak ada game yang berasal dari bahasa indonesia, justru akan lenih banyak menggunakan bhs inggris atau bahkan bhs jepang. seperti hal'a jika anda bermain game RPG (Final Fantasy series). Anda tidak akan bisa menyelesaikan sebuah game atau bahkan 1 objective pun tanpa mengetahui "apa yang harus anda lakukan" pada saat itu. dengan demikian kita akan berusaha menerjemahkan setiap kalimat yang di keluarkan di dalam game tersebut, dan ini seperti menjadi sekolah nonformal bagi kalian

5.Games dapat membantu meringankan rasa sakit
Banyak cara lain yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit selain dari obat-obatan, salah satunya adalah video games. British Journal Medicine menulis sebuah artikel yang menyebutkan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dengan video games, antara lain video games tersebut dapat membuat gamer mengurangi fokus akan sakit yang dideritanya atau juga dapat digunakan sebagai pemulihan. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa beberapa games dapat digunakan untuk memulihkan atlet yang terkena cidera.

6.Games dapat membantu seseorang biasa menjadi insinyur kreatif
Jangan kaget bila ada seorang yang biasa saja, dapat berubah menjadi orang yang luar biasa. Karena kemungkinan besar orang tersebut baru saja memainkan game yang bernama "The sims" (terutama The sims 3), pasti sudah tidak asing lagi buat kalian bukan?? Yap game ini merupakan salah satu game terhebat sepanjang sejarah, karena game tersebut bagaikan kehidupan kedua bagi gamer yang memainkannya. Selain harus menjalani hidup dengan sangat baik, mencari pekerjaan, bersosialisasi dengan tetangga, the sims series juga menawarkan berbagai keahlian seperti cara memasak, melukis, dan lain-lain sesuai hobi yang anda sukai. karena game ini memiliki buka panduan yg dapat di beli terhadap masing-masing hobi. dan yang bikin game ini luar biasa adalah anda dapat mengkreasikan design, bentuk, dan isi rumah yang anda miliki sehingga anda dapat menentukan bentuk rumah sesuai dengan keinginan anda. so, keep using your imagination!!


7.Games dapat membantu gamers berkendara dengan lebih baik
Beberapa penelitian yang dilakuakan membuktikan bahwa video games dapat membantu gamers berkendara dengan lebih baik dalam dunia nyata. Menurut Belchior, Patricia Da Cunha, Ph.D., UNIVERSITY OF FLORIDA bermain game-game driving "next gen" seperti grand turismo 5, race driver GRID
, dan Need for speed SHIFT dirasakan sangat realistik sehingga jika anda ingin berbelok pada sebuah tikungan, anda harus dapat memperkirakan jarak dan kecepatan kendaraan anda dengan tikungan. ditambahlagi masing-masing console sudah memiliki "steering wheel" yang bahkan di atas standart mobil biasa. feel your driving experience!!

8.Games dapat membantu mengurangi stress
Hal ini tentu saja merupakan alasan utama sebagian orang bermain games. Dan hal ini juga dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh East Carolina University. Dari penelitian tersebut dikatakan bahwa beberapa games, khususnya game-game bertema puzzle, dapat membantu gamers untuk mengurangi stress mereka. Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga mengatakan bahwa video games akan dapat membantu kita untuk mendapatkan "mood" yang lebih baik.

pesen dari ane nih: 8 fakta yang membuktikan bahwa video games ternyata juga dapat berguna bagi kesehatan kita sehari-hari. Namun tentu saja apa pun yang dilakukan berlebihan tetap tidak akan memiliki efek yang baik, oleh karena itu kita tetap tidak dapat menggunakan fakta-fakta diatas untuk membenarkan kita memainkan Medal Of Honor atau Fable III 24 jam sehari.

Sumber: Akun kaskus saya sendiri  http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7236104

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Translate