Kamis, 09 Mei 2013

Uang, Bank dan Penciptaan Uang (Resume)

Uang merupakan kebutuhan utama manusia. Banyak orang rela bekerja siang-malam hanya untuk mendapatkan sepeser uang. Uang adalah alat tukar atau pembayaran yang sah dan resmi dalam proses pembelian atau pertukaran barang maupun jasa.  Keberadaan uang juga menjadi salah satu alternative transaksi yang lebih mudah selain dari barter yang kurang cocok dalam perekonomian di era modern ini, karena setiap orang harus mempunyai keinginan yang sama satu sama lain untuk melakukan pertukaran selain itu sulit juga untuk menentukkan nilainya. Secara umum, uang dibedakan menjadi dua, yaitu uang kertas dan uang logam.

Nilai jual uang sangat berbeda dari zaman ke zaman padahal nominalnya sama. Hal itu dikarenakan pengaruh dari inflasi dan peningkatan perekonomian Indonesia, peningkatan kebutuhan masyarakat, daya beli yang tinggi, keterbatasan bahan baku dan lain-lain yang membuat nilai jual uang tersebut semakin berkurang. Kemudian terjadilah perbedaan nilai jual dari mata uang itu sendiri.

Saya sempat menanyakan tentang penyebaran uang palsu di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, teknologi yang digunakan untuk membuat uang palsu ini semakin canggih saja. Sehingga semakin sulit juga untuk kita membedakan mana uang yang asli dan mana uang yang palsu. Tetapi pengetahuan kita untuk membedakan uang palsu tersebut tidak memiliki perkembangan. Semoga saja dalam waktu dekat pemerintah memiliki solusi jitu untuk menghentikan penyebaran uang di negara indonesia tercinta ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Translate